kepabeanan di bandara

Batam adalah salah satu daerah yang memiliki kekhususan di bidang kepabeanan. Pada umumnya barang yang masuk dibatam tidak dikenakan pajak, hanya saja untuk membawa barang keluar dari batam lebih ketat penjagaannya. Jika anda ingin mengirim barang dari tempat asal anda tetapi harus melewati bandara di batam ke daerah kepulauan riau yang tidak ada bandaranya maka anda harus mengurus surat kepabeanannya terlebih dahulu lalu dari batam bisa membawanya keluar batam melalui kapal. Misalkan anda dari Jakarta mau mengirim barang ke Karimun maka batam adalah tempat transit barang anda lalu melalui pelabuhan lanjut ke Karimun. Cara mengurus surat kepabeanan di bandara transit di batam bandara Hang Nadim adalah sebagai berikut :

1. Jika anda mengirim lewat udara dan orang lain yang menerima dibatam melakukan pelunasan dulu di cargo bandara dengan menunjukkan no SMU nya.

2. Setelah selesai membayar di kasir jangan keluarkan barang dulu dari gudang cargo dan jika dokumen ada didalam barang sebaiknya ambil dokumennya saja dengan menyuruh porter yang disana untuk mengambilnya.

3. Bawa dokumennya ke kantor bea cukai yang ada disamping cargo dan sampaikan kepada petugas disana mau mengurus surat kepabeanan barang dari Jakarta mau ke Karimun dan barang tidak kembali lagi.

4. Petugas akan memberikan Form Kepabeanan yang harus anda isi setelah itu kembalikan lagi ke petugaas tersebut formnya dan dia akan memberitahu siapa yang akan jumpai selanjutnya.

5. Di form tersebut akan tertera siapa nama petugas yang akan memeriksa barang dan anda berikan form tadi ke petugas tersebut.

6. Tunggu nama anda dipanggil oleh pemeriksa tersebut.

7. Setelah giliran anda petugas akan menanyakan barang apa yang anda bawa sembari membuka packingan untuk melihat barang tersebut sesuai dengan di dokumen.

8. Jika tidak ada masalah petugas pemeriksa tersebut akan menandatangani surat kepabeanannya dan menyerahkan kembali ke anda.

9. Bawa surat kepabeanan tadi ke petugas  pertama yang memberikan Form tersebut untuk diinput ke komputer mereka dan menuliskan no suratnya dan anda akan diserahkan 1 lembar dan mereka akan menyimpan 1 lembar juga.

10. Kembali ke Gudang cargo dan mengambil barang tersebut dan anda dapat membawanya ke pelabuhan dan jangan lupa melampirkan surat kepabeanan tadi didokumennya untuk pemeriksaan kembali oleh petugas yang di pelabuhan.